Pokok Materi Pemodelan Perangkat Lunak kelas RPL Kurikulum 2013


MATERI PEMODELAN PERANGKAT LUNAK

(11 RPL 1 DAN 11 RPL 2)

  1. Konsep Pemodelan Perangkat Lunak (PL) (4JP)
  • Konsep rekayasa PL
  • Komponen dan karakteristik PL
  • Prinsip analisis dan desain
  • Ragam pemodelan PL

 

  1. Model proses pengembangan perangkat lunak. (4JP)
  • Tahapan proses pengembangan PL
  • Ragam model proses pengembangan PL
  • Model air terjun
  • Model prototipe
  • Model RAD
  • Model spiral
  • Model 4 GT
  • Dan lain-lain

 

  1. Rekayasa kebutuhan PL (4JP)
  • Tipe kebutuhan den penggunanya
  • Ukuran kebutuhan
  • Tahapan proses rekayasa kebutuhan
  • Teknik-teknik analisa kebutuhan
  • Perancangan kebutuhan perangkat lunak

 

  1. Diagram alur data (DFD (6JP)
  • Fungsi dan Komponen DFD
  • Tingkatan level DFD
  • Spesifikasi proses
  • Tahapan pembuatan DFD

 

  1. Diagram hubungan antar entitas (ERD) (6JP)
  • Model data logik (Conseptual data model)
  • Model data fisik (physical data model (PDM)
  • Transformasi model data fisik ke bahasa SQL

 

  1. Antar muka pengguna (user interface) (8JP)
  • Tujuan dan manfaat
  • Prinsip desain antar muka
  • Interaksi pengguna
  • Penyajian informasi
  • Perancangan user interface

 

  1. Arsitektur perangkat lunak (8JP)
  • Pengenalan arsitektur perangkat lunak
  • Layering
  • Ragam arsitektur
  • Pengenalan stuktur chart diagram
  • Transformasi DFD ke struktur chart diagram
  • Interaksi komponen

 

  1. Pemodelan sistem berorientasi obyek (UML). (4JP)
  • Prinsip analisis dan desian sistem berorientasi obyak

 

  • Pemodelan menggunakan UML
  • Definisi UML
  • Sejarah UML
  • Ragam diagram UML
  • Langkah-langkah pembuatan model UML

 

  1. Kebutuhan sistem berbasis obyek (6JP)
  • use case diagram.
  • Definisi
  • Manfaat
  • Notasi / simbol
  • Sesifikasi use case
  • Langkah-langkah pembuatan use case diagram

 

  1. Alur kerja sistem berorientasi obyek. (4JP)
  • Pengenalan activity diagram.
  • Notasi activity diagram
  • Langkah-langkah pembuatan activity diagram.

 

  1. Hubungan antar class (6JP)
  • Pengenalan class diagram.
  • Langkah-langkah pembuatan class diagram
  • Transformasi class diagram ke dalam model data logik (Conseptual data model)

 

  1. Interaksi antar obyek (6JP)
  • Pengenalan Object diagram
  • Notasi object diagram
  • Langkah-langkah pembuatan object diagram
  • Pengenalan squence diagram
  • Notasi squence diagram
  • Langkah-langkah pembuatan squence diagram
  • Pengenalan Kolaborasi diagram
  • Notasi kolaborasi diagram
  • Langkah-langkah
  • pembuatan kolaborasi diagram

 

  1. Siklus hidup obyek (4jp)

Pengenalan state chart diagram.

Langkah-langkah pembuatan state chart diagram.

 

  1. Hubungan antar Komponen (4jp)

Component diagram.

Deployment diagram

  1. Dokumen laporan pengembangan sistem berorientasi obyek (2jp)
  • Kerangka dokumen
  • Contoh dokumen

 

Paket Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak

18

18

  1. Pemodelan Perangkat Lunak

2

2

 sumber : Silabus RPL Kurikulum 2013

Tentang afing

Pecinta Blog sebagai bahan untuk berbagi ilmu, pengalaman dan juga untuk menambah teman.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pokok Materi Pemodelan Perangkat Lunak kelas RPL Kurikulum 2013

  1. Hilda debora berkata:

    terimasih… sangat membantu🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s