kisah kasih di sekolah “Prestasi Muridku Mendunia”


Seorang murid saya berprestasi Mendunia…. Alhamdulillah… semoga Anda berikutnya…

inilah ceritanya …

Assalamualaikum wr. wb. agan dan sista sekalian, disini ane mau berbagi sedikit cerita mengenai prestasi yang menurut ane paling membanggakan khususnya buat diri ane sendiri, karena ane bawa nama Indonesia di kancah Internasional , thread ini ane buat dalam rangka ikut KASQUIZ : Prestasi Pertamax yang diselenggarakan oleh Kaskus & Pertamina, ga ada maksud buat pamer atau sombong gan, selain buat ikutan kompetisi ini, ane juga berharap tulisan ini bisa bermanfaat buat semuanya
Quote:PERKENALAN
Sebelum ane cerita, perkenalkan dulu gan nama ane Yudi Restu Adi, temen-temen sih biasanya panggil ane Restu, lahir di Banjarnegara 24 Juni 1993, kalau yang asing sama Banjarnegara, ini nih Kabupaten di Jawa Tengah, tempat ane tumbuh dan berkembang , walau termasuk kabupaten kecil yang jauh dari gemerlap teknologi tapi ga menjadi penghalang buat ane berprestasi di bidang teknologi gan , sekarang status ane mahasiswa di jurusan Sistem Komputer Universitas Diponegoro Semarang dan masih jomblo juga gan , oh ya ane bisa kuliah juga ada ceritanya sendiri gan, ntar ane ceritain.

Quote:TENTANG KOMPETISI

Spoiler for ASC:

Kompetisi yang ane ikuti ini adalah WorldSkills ASEAN atau ASEAN Skills Competiton Tahun 2012. Apa sih ASEAN Skills Competition itu? . Jadi ASEAN Skills Competition atau yang biasa di singkat ASC ini adalah event dua tahunan yang melombakan berbagai jenis keterampilan yang digagas oleh para menteri tenaga kerja se Asia Tenggara. Tujuan diadakannya kompetisi ini adalah dalam rangka meningkatkan hubungan yang lebih erat antara negara-negara anggota ASEAN dan dijadikan sebagai tolak ukur sejauh mana tingkat kompetensi tenaga kerja muda dan tentunya bisa mempertunjukan kemampuan terbaiknya dalam penguasaan keterampilan/ kompetensi yang dimilikinya. Ane mewakili Indonesia di bidang ketrampilan IT Network System Administration. Wah ngapain aja tuh? . Di bidang ini yang ane lakukan tuh seputar desain jaringan komputer, konfigurasi server (Windows Server & Linux), konfigurasi router, dan sejenisnya, pokoknya hal-hal seputar jaringan komputer. Waktu ASC tahun 2012 itu pas Indonesia jadi tuan rumah, tempat lomba nya di Jakarta Convention Center.

Spoiler for JCC:

Quote:PERJALANAN MENUJU ASC 2012
Ini ceritanya agak mundur lumayan jauh ke jaman ane baru kenal komputer , ane mulai kenal yang namanya komputer tuh waktu SMP, di pelajaran TIK yang belajarnya ngetik di Microsoft Word sama rumus-rumus di Microsoft Excel. Dulu masih biasa aja ga terlalu tertarik ke hal-hal teknologi gitu gan, sampai ane lulus SMP dan mau lanjut SMA, eh sama bapak ane ga boleh daftar SMA, kata beliau ga ada biaya buat lanjut kuliah, suruh SMK aja biar bisa langsung kerja, apa boleh buat gan karena kondisi ekonomi keluarga ane emang ga memungkinkan, bapak ane buruh bangunan dan ibu ane pembantu rumah tangga, ya udah akhirnya daftar di SMK. Setelah galau dulu pilih SMK mana dan jurusan apa, akhirnya diajakin temen ngikut deh di SMK N 2 Bawang Jurusan TKJ, ini jaraknya 10KM dari rumah ane, pulang pergi ane naik angkutan umum, dulu masih Rp. 1000 sekali jalan .

Spoiler for SMK N 2 Bawang:

Disini ane mulai belajar dan tertarik mendalami jaringan komputer, waktu itu belum punya komputer, dan pas lagi semangat-semangatnya, tiap hari ane ke warnet buat ngotak-atik macem-macem yang ane pengen tau. Konsekuensinya ane ga jajan di sekolah . Sampai suatu ketika orang tua ane beliin ane komputer gan, bersyukur banget ane, tapi agak bingung juga disini, uang dari mana orang tua ane, karena ane tau kondisi keuangan keluarga gan, setelah ane tanya-tanya ternyata orang tua ane pinjam sama saudara gan, antara sedih, seneng, terharu campur aduk, emang kasih sayang orang tua ke anaknya ga terkira gan ane berjanji sama diri ane sendiri ga bakal sia-sia kan perjuangan dan pengorbanan orang tua ane.
Usaha ane berbuah manis gan, waktu ane kelas 12, ane terpilih mewakili SMK N 2 Bawang untuk mengikuti Lomba Kompetensi Siswa SMK Tingkat Kabupaten Banjarnegara, di bawah bimbingan Pak Nugroho dan guru-guru TKJ ane lainnya alhamdulillah ane mendapat Juara 1 lalu berlanjut ke tingkat Propinsi Jawa Tengah dan alhamdulillah ane mendapat Juara 1 lagi gan, sampai pada tingkat nasional ane mendapat Juara 2.

Spoiler for LKS Tingkat Nasional:
Ane yang tengah

Hadiah dari setiap kompetisi tadi ane tabung gan, sampai pada akhirnya ane lulus dan yang di luar dugaan ane menjadi lulusan dengan nilai terbaik, orang tua ane di undang ke sekolah. Rencana setelah lulus awalnya pengen langsung kerja gan, tapi ane dapat info ada beasiswa kuliah penuh dari pemerintah namanya Bidikmisi, ane konsultasikan sama orang tua ane, dan orang tua ane mengijinkan ane kuliah asal dengan beasiswa itu, kalau tanpa beasiswa mana kuat gan.
Waktu itu ane coba ikut SNMPTN Undangan Beasiswa Bidikmisi daftar Jurusan Sistem Komputer UNDIP tapi ga keterima gan , terus diajakin teman ikut SNMPTN Ujian Tulis dengan Jurusan dan Universitas yang sama, ternyata setelah cari info ga ada pendaftaran SNMPTN Ujian Tulis Bidikmisi di UNDIP, tapi ane tetap ikut ujian waktu itu, karena ujiannya di Purwokerto ane bertiga sama temen-temen ane harus naik bus jam 3 pagi gan dari Banjarnegara, perjuangan ga sia-sia, kami bertiga diterima, karena ga lewat Bidikmisi ane harus bayar biaya masuk hampir 15 Juta gan, ane ga cerita ke orang tua kalau ane diterima, dalam hati ane “udah lah dilepas aja, kuliahnya ditunda dulu”. Keajaiban datang ga terduga gan, di hari terakhir pembayaran, ane dapat kabar kalau ane diterima sebagai mahasiswa Bidikmisi, ane bingung juga tuh, kok bisa? Ane datang ke UNDIP buat memastikan gan, dan ternyata emang benar ane resmi deh jadi mahasiswa, sesuatu yang sebelumnya ga kebayang sama sekali.

Spoiler for Bidikmisi:

Di pertengahan semester pertama, ane tiba-tiba dapat undangan dari Kementrian Tenaga Kerja untuk mengikuti Seleksi Nasional Tahap 2 ASC 2012, dari Semarang langsung terbang ke Jakarta, ini pertama kali nya ane naik pesawat , itu juga karena dibayarin panitia . Dengan persiapan yang serba mendadak, alhamdulillah ane bisa lolos ke tahap akhir. Oh ya sekilas info, kenapa ane langsung Seleknas Tahap 2? Karena ternyata untuk 3 besar LKS Tingkat Nasional langsung lompat ke tahap 2 gan, kalau lewat jalur lain harus ngikutin tiap tahap. Disini muncul masalah lagi gan, karena di tahap akhir ane harus ikut Pemusatan Latihan di Universitas Binus selamat 10 bulan, otomatis ane harus ninggalin kuliah sementara, tapi ane mikirnya kuliah aja di biayai negara, dan sekarang ane diminta berjuang mewakili negara, dan kesempatan ini ga kapanpun bisa di dapat, ini lah yang membulatkan tekad ane, ane cuti kuliah 2 semester, dan bersyukur orang tua mendukung apapun keputusan ane. Dimulailah babak baru hidup ane di Jakarta
Tahap-tahap yang ane lalui bisa sampai disini :

    • Juara 1 LKS SMK IT Networking Support Tingkat Kabupaten Banjarnegara
  • Juara 1 LKS SMK IT Networking Support Tingkat Propinsi Jawa Tengah
  • Juara 2 LKS SMK IT Networking Support Tingkat Nasional
  • Lolos Seleksi Nasional Tahap 2 ASC 2012 Bidang IT Network System Administration



Quote:ASC 2012
Ane pelatihan di Jakarta selama 10 bulan bareng 2 orang teman ane yang lolos ke tahap akhir juga, jadi nanti nya yang mewakili Indonesia itu ada 2 orang tapi bukan tim, otomatis yang 1 orang bakal gugur di seleksi tahap akhir ini. Alhamdulillah ane lolos gan untuk mewakili Indonesia di tingkat ASEAN.

Spoiler for Tempat Latihan:

Selama pelatihan ga cuma latihan ketrampilan di bidang yang ane ikuti aja yang ane dapet, tapi juga ada latihan fisik dan mental nya gan sama MARINIR, tujuannya biar mental bertanding sama fisik ga loyo , mengobarkan semangat berjuang untuk mengharumkan nama Bangsa Indonesia juga gan.

Spoiler for Semangat 45:

Ada satu pesan dari Bapak MARINIR yang ane inget terus sampai sekarang “JANGAN TANYAKAN APA YANG TELAH NEGARA BERIKAN KEPADAMU TAPI TANYAKAN APA YANG TELAH KAU SUMBANGKAN KEPADA BANGSAMU Ga sepantasnya kita selalu mengeluhkan kondisi bangsa kita ini, baik atau buruknya bangsa Indonesia di masa mendatang ada di tangan kita pemuda-pemudi Indonesia, jika ingin bangsa Indonesia lebih baik, kita harus melakukan yang terbaik, itu salah satu pelajaran berharga yang ane dapet.
Tiba saatnya ASEAN Skills Competition di mulai, serangkaian acara sebelum ke kompetisi yang sesungguhnya seperti pelepasan kontingen Indonesia, technical meeting, pembukaan, dll ane ikuti, ada satu acara yang sampai buat ane meneteskan air mata gan , yaitu saat pengucapan ikrar akan berjuang pantang menyerah untuk bangsa Indonesia sambil mencium bendera merah putih di iringi lagu Bagimu Negeri, disini semangat ane berkobar-kobar, rasanya seperti merah darah ini dan putihnya tulang menyatu

Spoiler for Pembukaan oleh Bapak Hatta Rajasa:


Kompetisi pun dimulai, GARUDA DI DADAKU bukan sekedar lagu, tapi ane tanamkan dalam diri ane hehe dan baju yang ane pakai semuanya ada lambang garuda di dada juga . 3 hari kompetisi ini berlangsung.

Spoiler for Tempat Kompetisi:
Spoiler for Garuda Di Dadaku:
Spoiler for Garuda Di Dadaku:
Spoiler for Garuda Di Dadaku:
Spoiler for Foto Bersama:
Ini bersama peserta dari negara lain gan


Setelah perjuangan yang panjang, ini yang bisa ane persembahkan buat Indonesia

Spoiler for Medali Perunggu:
Spoiler for Medali Perunggu:
Spoiler for Piagam:

Quote:Lumayan panjang juga cerita ane . Sekarang ane melanjutkan kuliah yang sempat tertunda, dan karena prestasi ini beberapa bulan yang lalu ane di undang untuk ikut silaturahim dengan Presiden SBY sebagai salah satu wakil penerima beasiswa Bidikmisi di kampus ane.

Spoiler for Sertifikat:

Tidak pernah terpikir bakal ikut lomba begini, sampai membawa nama Indonesia, bisa kuliah, dll. Komputer yang orang tua kasih ke ane membawa jalan hidup ane ke yang sekarang ini, ane sangat-sangat bersyukur. Hal kecil yang kita lakukan sekarang ga tau bakal jadi seperti apa di kemudian hari, melakukan yang terbaik di setiap hal yang kita lakukan, akan membawa kita ke sesuatu yang terbaik pula di kemudian hari sekian thread ane wassalamualaikum wr. wb.
Quote:Bukti follow twitter @PTPERTAMINA & like fanpage PT PERTAMINA

Spoiler for Twitter:
Spoiler for Facebook:


Bukti share di Twitter dan Facebook

Spoiler for Twitter:

Tentang afing

Pecinta Blog sebagai bahan untuk berbagi ilmu, pengalaman dan juga untuk menambah teman.
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Komputer dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s