Lomba Blog tahun 2010


Internet Sehat
Wise While Online, Think Before Posting

Blog Award 2010

Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2010 ini adalah kelanjutan dari ISBA 2009, sebuah penghargaan sepanjang tahun yang diberikan kepada pengelola blog (blogger), boleh perseorangan ataupun berkelompok, yang dengan segenap daya kreatifitasnya telah menuangkan ide, gagasan dan pikirannya dalam bentuk tulisan di blog. Tulisan tersebut tentunya yang harus dapat memberikan ide ataupun mengarahkan pembaca untuk melakukan tindakan yang positif dan bermanfaat, bagi dirinya ataupun masyarakat sekitarnya di Indonesia.

Silakan cek pemenang sementara ISBA 2010.

UPDATED: atas masukan dari berbagai pihak, maka web yang akan dinilai kontennya tidak hanya terbatas pada blog, tetapi juga model kumpulan informasi online dalam bentuk lainnya baik berupa portal, wiki, jejaring sosial dan sebagainya. Nama Internet Sehat Blog Award menjadi Internet Sehat Blog & Content Award.

Motto ISBA 2010: “INTERNET SEHAT, KONTEN SEMPURNA”

JENIS KONTEN :

Situs yang akan dinilai akan dibagi atas 9 (sembilan) jenis konten, yaitu:

1. education (situs tentang dunia pendidikan, formal/informal, atau tentang ilmu pengetahuan yang relevan dan digunakan dalam proses belajar-mengajar)
2. family (situs tentang problematika keluarga, kesehatan ibu-anak, kehidupan remaja, perencanaan keuangan dan rumah/taman)
3. student (situs yang dibuat dan dikelola oleh siswa SD-SMP-SMA, baik yang sifatnya blog personal, kelompok, maupun mading online)
4. techno (situs tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru, termasuk soal ICT, software/hardware maupun sains umum)
5. citizen journalist (informasi tentang ulasan/liputan/analisis yang terkait dengan aneka berita/informasi yang dekat dekat dengan pembaca serta faktual)
6. lifestyle (situs yang kental dengan tulisan gaya hidup, semisal shopping, buku, film, musik, pernak-pernik, otomotif, dan sebagainya)
7. business (situs yang menyelenggarakan jual-beli produk dan/atau jasa secara online, baik yang dikelola oleh perseorangan ataupun kelompok)
8. variety (situs yang isinya bervariasi dan aneka macam jenis artikel, tetapi disajikan dengan karakter yang kuat dari penulisnya)
9. inspiring (situs dengan konten yang unik dari sisi kreativitas isi, yang tidak termasuk dari kriteria di atas)

Kumpulan informasi atau situs tersebut di atas bebas dihostingkan dimana saja dan dengan domain apapun. Tetapi sangat dianjurkan untuk diletakkan di layanan lokal (dalam negeri), walaupun hal tersebut tidak akan mempengaruhi penilaian.

KATEGORI PENGHARGAAN :

1. BRONZE (2 situs pilihan per 1 minggu, dinilai dari situs yang didaftarkan dan/atau blog/web walking)
2. SILVER (3 situs pilihan per 1 bulan, di pilih dari 8 bronze situs sebelumnya)
3. GOLD (3 situs pilihan per 3 bulan, di pilih dari 9 silver situs sebelumnya)
4. PLATINUM (3 situs pilihan per 1 tahun, di pilih dari 12 gold situs sebelumnya)

TIM PENILAI :

* Untuk kriteria “bronze” dan “silver”, penilainya adalah dari tim internal Internet Sehat
* Untuk kriteria “GOLD” dan “PLATINUM”, tim penilainya adalah:
o Budi Putra (Blogger, Journalist, Founder Asia Blogging Network, Country Editor Yahoo Indonesia)
o Romi Satria Wahono (Blogger, IT Expert, Founder IlmuKomputer.com)
o Wicaksono Hidayat (Blogger, Journalist, Managing Editor detikINET.com)
o Onno Purbo (Writer, IT Expert, Advisory Board Chairman of ICT Watch)
o Perwakilan XL Axiata dan Norton Symantec.

POIN PENILAIAN :

1. konten yang kreatif, unik dan kontekstual serta memiliki nilai tambah (bermanfaat) bagi pembacanya
2. konten tidak sekedar copy-paste dari sumber lain (jika berupa saduran, diperbolehkan asal tetap menyebutkan sumbernya)
3. konten dapat berupa fitur, berita, opini, ulasan, ringkasan, kajian, tips, kiat, reportase, dll.
4. konten diharapkan berbahasa Indonesia (tetapi juga boleh berbahasa inggris), formal maupun informal, teknis maupun non-teknis, sepanjang mudah dipahami pembaca umum
5. situs di-update secara berkala (rutin) dan harus tercantum data diri yang benar (minimal nama + e-mail valid)

Catatan: silakan simak blog para pemenang ISBA 2009, untuk menggali inspirasi. Baca juga 10 kiat ngeblog yang baik dari Jonru, Pemenang ISBA 2009.

CARA MENDAFTAR :

Untuk ikutan ISBA 2010 ini, caranya mudah. Tidak perlu menggunakan formalitas pendaftaran apapun, dan pastinya tidak dipungut biaya apapun ( alias gratis!). Anda boleh merekomendasikan situs Anda sendiri, situs rekan Anda atau situs yang Anda sukai. Caranya:

1. Anda pasang salah satu banner di bawah ini pada halaman depan (side-bar) situs Anda (jika Anda merekomendasikan situs Anda sendiri)
— —
— —

2. Berikan tautan (link) pada salah satu banner di atas yang telah dipasang di situs Anda tersebut ke url http://www.ictwatch.com/internetsehat (kalau bingung caranya, cukup copy-paste script banner ISBA 2010 di situs Anda).
3. Anda juga harus sudah tergabung sebagai member pada Page Facebook Internet Sehat dan/atau follower pada Twitter Internet Sehat (bagi yang telah memiliki akun di Facebook dan/atau Twitter)
4. Silakan kirimkan informasi alamat blog di atas ke e-mail blog2010 [at] ictwatch.com. Seluruh rekomendasi yang masuk, akan di-review kelayakannya.
5. Secara berkala, tim Internet Sehat akan blog/web walking, meninjau dari satu situs ke situs lainnya.

HADIAH PEMENANG :

1. BRONZE (@ T-Shirt + Booklet Internet Sehat)
2. SILVER (@ Flashdisk + @ Norton Internet Security 2010)
3. GOLD (1st: qwerty cellphone, 2nd & 3rd: regular cellphone, + @ Norton 360 V4)
4. PLATINUM (1st: laptop, 2nd & 3rd: blackberry)

Bagi pemenang yang merupakan siswa sekolah ataupun Bapak/Ibu Guru (untuk kriteria apapun), penghargaan akan disertakan pula berupa sertifikat/piagam dalam bentuk fisik (sesuai permintaan).

KLAIM HADIAH :

Setelah situs pilihan diumumkan, pengelola cukup memasang “banner award” (yang telah disediakan) di halaman depan (side-bar) situs masing-masing. Kemudian banner tersebut diberi tautan (link) ke http://www.ictwatch.com/internetsehat paling lambat 1 (satu) minggu setelah pengumuman. Kemudian dimohon pemenang mengirimkan e-mail notifikasi berisi data diri lengkap + alamat ke blog2010 [at] ictwatch.com. Setelah proses verifikasi, hadiah akan dikirimkan langsung ke alamat pemenang. Jika telah lewat dari 1 (satu) minggu setelah pengumuman tidak ada respon dari pengelola situs, maka hadiah akan dibatalkan dan tidak dapat ditarik kembali.

PENGUMUMAN PEMENANG :

Situs yang terpilih sebagai pemenang ISBA 2010 untuk kategori apapun, akan diumumkan secara berkala di rubrik e-Community detikinet dan juga di halaman ini. Keputusan atas situs terpilih adalah mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat. Tidak ada korespondensi dalam bentuk apapun khusus terkait dengan keputusan juri.

Untuk edisi ISBA 2010, pengumuman perdana (kategori “bronze”) akan dilangsungkan pada minggu I Maret 2010.

BANNER AWARD

PENDUKUNG ISBA 2010

Program ini didukung sepenuhnya oleh

* Sponsorship: XL Axiata, Norton from Symantec
* Knowledge: IlmuKomputer.com, Asia Blogging Network
* Media Partner: detikINET
* Initiative by: Indonesian ICT Partnership (ICT Watch).

Jika Anda ingin mendukung kegiatan ini dalam bentuk apapun, silakan hubungi kami melalui telepon: +62-(021)-98495770 atau e-mail:

emailsurel1.jpg

[Tim Internet Sehat]
sumber : http://ictwatch.com/internetsehat/blog-award-2010/

Tentang afing

Pecinta Blog sebagai bahan untuk berbagi ilmu, pengalaman dan juga untuk menambah teman.
Pos ini dipublikasikan di Komputer. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Lomba Blog tahun 2010

  1. Ria berkata:

    Salam..

    Mkasih buat infonya…
    kirimi saya info terbaru ya untuk perbaharuan blog saya…

Tinggalkan komentar