Perintah Dos Untuk Mematikan PC Sistem Timer


Lanjutan artikel tentang perintah – perintah sistem DOS, kali ini kita langsung menggunakan salah satu perintah yakni shutdown. Artikel ini merupakan ilmu terapan yang bisa di gunakan pada komputer mesin windows. Ide ini muncul dari pengalaman penulis beberapa waktu yang lalu. Tepatnya, saat penulis lagi online di internet untuk mendownload suatu program. Program yang akan di download lumayan besar, yang kalo di itung – itung untuk download membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Lumayan besar dan lama kan..? kalo kita tungguin 5jam..cape deh hehe

Saya mulai mendownload program dari pukul 15 atau jam 3 sore. Sementara waktu saat itu sudah pukul 17.00 dimana saya harus segera pulang, karena memang orang – orang di SMK N 2 Bawang sudah pada pulang. Terpikir olehku…kayak lagu aja ya.? bagaimana caranya agar kegiatan download bisa terus berjalan dan komputer akan mati saat kira – kira kegiatan download sudah selesai. Hal ini agar ada penghematan energi listrik seperti iklanya PLN🙂 , karena PC akan mati setelah jam 8 malam. Akhirnya penulis ingat program shutdown. Dengan sintaknya adalah sebagai berikut :

c:\>shutdown [-i | -l | -s | -r | -a ][ -f ] [-m \\computername ] [-t xx] [-c “comment”] [-d up : xx : yy]

Dari sintak tersebut yang kita gunakan adalah 4 parameter yakni -s -f -t xx. Untuk masing – masing parameter yakni -s digunakan untuk shutdown / mematikan PC, -f yakni forced untuk memaksa mematikan semua program yang berjalan dan -t yakni parameter timer atau waktu dan xx untuk menentukan nilai waktu yang diinginkan dalam satuan detik.
Dengan demikian jika ingin mematikan PC dalam waktu 3 jam kedepan, maka waktu yang di gunakan adalah 3 (jam) x 60 (menit) x 60 (detik) =10800 detik. Dengan demikian segera kita buka comment promp atau dos prompt lewat menu start>>menu run>>ketik cmd>>hingga muncul tampilan comment promt. Lalu tulis perintah berikut : SHUTDOWN -s -f -t 10800 lalu enter, hingga muncul tampilan shutdown yang menghitung mundur dari 10800 sampai 0 lalu PC akan shutdown. Oke mungkin ini dulu pelajaran hari ini ya. Nice to meet U again next time in IT Tutorial. Thank you..

Tentang afing

Pecinta Blog sebagai bahan untuk berbagi ilmu, pengalaman dan juga untuk menambah teman.
Pos ini dipublikasikan di Komputer, Tutorial dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Perintah Dos Untuk Mematikan PC Sistem Timer

  1. Fariskhi berkata:

    Tapi kalo kecepatan internetnya gak stabil gimana mas? Donlotan belom selese dah dishotdown:mrgreen: …. Mending pake aplikasi pembantu kayak Flashget gitu mas selain nambahin kecepatan download juga ada fitur setelah selesai otomatis shutdown.

    • afing berkata:

      Yup setuju dengan mas Faris🙂. Hanya terkadang belum tentu tiap PC terinstal Flashget, sehingga cara ini bisa digunakan. Dan hitungan waktunya berdasarkan batas waktu maksimal di tambahin lagi agar tidak shutdown sebelum sls download.

  2. sara berkata:

    Mas Afing…
    Perintah itu bisa dpake g kl qt lg putty komputer org ???
    mksih yaa….maklum deh sy msh oon hehe

  3. dede berkata:

    kk untuk mengensel printah di atas apa ya??
    kirim email ya kk xlsxun@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s