Membuka File Terhiden Virus


Siang itu aku lagi berada di ruang jurusan TKJ SMK N 2 Bawang untuk mengganti sepatu yang aku pakai dengan sandal. Ini biasa aku lakukan ketika akan berwudhu untuk melaksanakan sholat dhuhur di masjid sekolah. Tiba – tiba datang serombongan murid – murid yang bermaksud melaporkan tentang kehilangan data – data hasil ketikan untuk pembuatan TA. Mereka tampak sedih, kawatir serta panik, kalo – kalo data benar – benar hilang, maka meraka bisa gagal untuk mengikuti ujian TA yang tinggal 2 hari lagi. Salah seorang dari mereka bilang, “ Pak Afing, data – data tugas akhir untuk proposal dan laporan TA punya kami hilang semua. Gimana ini pak?”. “Emang hilang gimana?, kenapa bisa terjadi?”, begitu tanyaku yang masih keheranan sambil bergaya bak seorang penyelidik yang berusaha mengungkap suatu kasus…hehe. Namun demikian ada rasa kasihan juga kalo – kalo data meraka memang benar – benar hilang.

“Data hasil ketikan yang ada dalam harddisk di LAB ISAM dan yang tersimpan dalam flash disk hilang semua, semua terserang virus pak..!” begitu kata Rachma, salah seorang dari mereka. “Coba lihat flash disk nya” begitu kata pak Afing, “aku lihat dulu ya”. Sesaat kemudian Pak Afing membuka Laptopnya, sambil tangan kirinya meraba – raba posisi yang pas untuk memasukan flash disk kedalam port USB Laptop. Sambil membuka windows explorer, kemudian Pak Afing membuka flash disk drive seperti tampak pada gambar berikut :

Dari tampilan yang terlihat, ada 4 folder dan 8 file. Dengan demikian masih ada file dan folder yang belum kelihatan, karena menurut Rachma belum ada folder tugas akhir. Untuk lebih mengetahui ruang kosong dan jumlah data yang ada dalam flash disk, kita klik kanan pada drive flashdisk (I), lalu pilih menu properties sehingga akan tampil seperti gambar dibawah. Dari gambar dapat informasi, bahwa ukuran flashdisk 951Mb, dengan data yang ada 166MB dengan warna biru dan ruang kosong 784 dengan warna magenta.

Selanjutnya untuk melihat data yang sudah tampil, seharusnya jumlahnya sama dengan gambar pada flashdisk properties di atas. Caranya kita pilih semua file dan folder yang ada, dengan cara melakukan klik kiri pada salah satu file, lalu sambil menekan tombol ctrl, kita klik semua file dan folder, hingga tampil warna biru semua. Kemudian dalam kondisi terpilih lalu tekan klik kanan mouse, lalu pilih menu proerties, sehingga akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.

Informasi yang muncul dari gambar, bahwa jumlah data terpilih hanya 45,4 MB. Dengan demikian ada perbedaan antara jumlah data yang muncul dengan jumlah data yang ada di dalam flashdisk. Dari sini kita dapat memastikan, bahwa di dalam flashdisk masih ada data yang lain akan tetapi tidak kelihatan alias tersembunyi. Istilah lainya disebut dengan hiden file. Jika kondisinya demikian maka kemungkinan untuk menemukan data – data yang hilang masih ada harapan, sehingga turorial ini bisa dilanjutkan.

Adapun langkah untuk membuka data yang tersebunyi atau hiden akibat virus adalah sebagai berikut :

1.Buka menu RUN dengan cara klik tombol start, lalu pilih run seperti gambar beirkut.

2. Kemudian muncul jendela menu RUN, kemudian kita ketik cmd pada menu dialog run, lalu pilih ok. Seperti gambar berikut.

3. Sesaat kemudian akan muncul tampilan command prompt atau dos prompt seperti gambar berikut :

4. Selanjutnya kita pindah drive, dari drive yang sedang aktif yakni C:\> ke drive flashdisk, yakni drive I dengan cara ketik C:\Documents and settings\Tekaje_Top> I: lalu tekan enter hingga muncul drive I:\> yang aktif, seperti pada gambar berikut:

Untuk melakukan pengecekan data dalam flashdisk dari dos prompt juga bisa. Caranya dengan perintah dir, seperti gambar berikut.

dari tampilan ada informasi <DIR> yang menunjukan jumlah folder ada 4 dan beberapa file yang berjumlah 7, karena ada 1 file yang tidak terbaca dengan perintah dir.

5. langkah berikut merupakan inti pembukaan file yang terhiden oleh virus dengan menggunakan perintah attrib. Penulisan perintah attrib harus benar dengan parameter yang ada, agar bisa berhasil. Karena jika salah dalam penulisan parameter tidak akan berhasil membuka file yang terhiden. Akan tetapi dari kesalahan – kesalahan yang terjadi kita bisa terus mencoba sehingga bisa berhasil. Berikut adalah gambar yang menjelaskan urutan langkah pengetikan perintah attrib dari yang salah hingga berhasil.

Penulisan perintah dan parameter yang salah

Penulisan perintah dan parameter yang benar

Setelah mengetikan perintah I:\>attrib –s –h *.* /s /d dengan benar, maka akan ada proses selama beberapa saat hingga kembali ke drive I:\> dan tidak ada pesan invalid switch. Untuk memastikan bahwa perintah tersebut bisa berhasil atau tidak adalah dengan melakukan pengecekan ulang terhadap data – data yang ada didalam flashdisk. Pengecekan ulang bisa menggunakan perintah dir dari dos prompt dan menggunakan windows explorer. Jika telah berhasil, maka data yang ditampilkan akan lebih banyak dibanding sebelum dilakukan pembukaan file terhiden dengan perintah attrib. Berikut adalah contoh gambar yang telah berhasil, yang dilihat dengan perintah dir dan windows explorer.

cek file dalam flashdisk dengan windows explorer seperti gambar berikut. Jika muncul jumlah file dan folder lebih banyak dari sebelumnya maka proses ini dapat dikatakan berhasil. Sekian.

Selamat mencoba semoga berhasil.

Tentang afing

Pecinta Blog sebagai bahan untuk berbagi ilmu, pengalaman dan juga untuk menambah teman.
Pos ini dipublikasikan di Komputer. Tandai permalink.

3 Balasan ke Membuka File Terhiden Virus

  1. belajarPC berkata:

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Numpang lewat mas..dan sekalian belajar. wah ni artikel penting banget ya, cos sekarang banyak virus yang suka ngilangin data. jadi dengan ini moga bermanfaat.
    Thx

  2. belajarPC berkata:

    Oya mas..pas mau coba jalankan file attrib ko selalu eror mas. gimana si cara nulisnya yang bener. jawab ya..pls thankU

  3. amin mustofa berkata:

    wew
    bagus banget oy aku npengin belajar nich…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s